Jumat, 17 Januari 2014

Merubah Dynamic disk ke Basic disk

kemaren baru ganti hardisk laptop baru, eh ternyata semua partisi yang dulu sudah saya buat berubah ke dynamic, dan linux sendiri tidak bisa membaca partisi dynamic. jadi musti di convert dulu ke basic. berhubung software yang dahulu kala saya buat untuk menconvert sudah hilang(kalo gak salah dynamic disk converter),terpaksa searching dulu. cari wangsit ke mbah google. tetapi ternyata mbah google pun tidak memberikan solusi buat mencerahkan masalah saya ini mulai dari mini partition tool, easus partition wizard, dynamic disk converter(bisa sih, tapi musti pro dulu, dan nyari yang pro ini yang bikin mata memerah dan hidung berlendir). bahkan sempat partisi di linux, tapi tetep tidak mau dual boot dengan windows. hadeh, sempat pusing gara-gara ni laptop. tapi, setelah bertapa 2 hari 2 malam, akhirnya di malam yang begitu indah ini, dengan bintang-bintangnya yang bertebaran(padahal mendung) saya menemukan solusinya. bahkan caranya pun lebih mudah dari yang saya gunakan dulu, dia adalah partition wizard 4.2 , yups tool kuno yang mampu menyelesaikan masalah saya dengan beberapa klik.
ini adalah contoh disk yang masih Dynamic, dan sampe ente jadi kakek/nenek gak bakalan bisa dual boot kalo di paksain and paling mentok windows nya ilang:

oke, dari pada kelamaan curhatnya, langsung saja ya, kembali ke topik. saya akan share step by step buat bikin hard disk agan jadi basic type.
1. pertama donlot dulu partition wizzardnya
2. buka file *.rar nya. extract . terserah mau di taruh di mana. 
3. buka PWIZ.exe
4. kalo muncul jendela seperti di bawah, pilih NO aja.
5. kemudian klik kanan disk yang akan di convert -> pilih "convert dynamic disk to basic disk
6. klik tombol apply(tanda centang warna biru di pojok kanan atas) pilih yes.

7. kemudian restart PC dan selesai deh

kalo sudah begini ente bebas buat install OS apa saja di hard disk kalian. 

oke mungkin cuma gitu doang curhatan ane di malam menjekang pagi ini. 


2 komentar:

  1. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
    cobain open source project rancangan ane gan >

    IT Tools Pack Solution

    (Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

    #SalamSatuTeknologi

    BalasHapus
  2. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
    cobain open source project rancangan ane gan >

    IT Tools Pack Solution

    (Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

    #SalamSatuTeknologi

    BalasHapus