Senin, 06 Januari 2014

Install Driver ATI AMD Catalyst di Ubuntu/Linux Mint

kemaren saya sudah share cara install driver vga NVIDIA di ubuntu/Linux mint. tidak adil rasanya kalau saya tidak sahre versi ATI/AMDnya. oke, jujur saya belum test , karena ketersediaan peralatan. saya tidak punya komputer yang menggunakan VGA ATI/AMD jadi work/tidaknya silahkan di coba sendiri.artikel ini saya dapatkan dari www.noobslab.com oke lansung aja ya.

untuk menginstall drivernya copy perintah di bawah ke terminal
untuk 32bit





untuk 64 bit







setelah proses install di terminal selesai, buka dash home dan cari AMD catalyst installer:
 buka aplikasi tersebut. dan akan tampil jendela seperti di bawah, yang intinya driver akan mencoba mencari hardware VGA di komputer/laptop agan/sista:
 jika hardware VGA ente di support oleh driver maka akan tampil jendela seperti di bawah:
atau jika vga ente hanya di support lagecy driver(intinya VGA agan kurang support dengan sistem UNIX), maka akan tampil jendela di bawah:
atau jika VGA agan tidak support deriver ini, makan akan tampil jendela seperti di bawah, dan proses installasi akan otomatis keluar:
jika hardware di support oleh driver terbaru, pilih driver yang ingin di install dan klik next:
atau jika hardware di support oleh lagecy driver , ante hanya memililiki 1 pilihan:
akan tampil jendela proses install driver VGA agan/sista. jika proses install selesai, klik Next:
installasi akan membuat paket deb:

hapus driver sebelumnya, di rekomendasikan pilih "yes":
klik yes untuk menginstall driver baru:
untuk mengaktifkan hardware acceleration pilih yes:
setelah itu reboot

jika metode di atas agak riber atau mingkin susah, ada alternatif , yaitu dengan metode ppa. caranya saya jabarkan di bawah:

hapus driver lama VGA agan/sista:




untuk menginstall drivernya, copy perintah di bawah di terminal





untuk menghapus drivernya




oke.. mungkin itu saja yang dapat saya share, semoga bermanfaat buat agan/sista.



source:http://www.noobslab.com



0 komentar:

Posting Komentar