Jumat, 23 Mei 2014

Perbedaan Nokia X, Nokia X+, dan Nokia XL




Nokia telah resmi mengumumkan kehadiran Nokia seri Android yaitu Nokia X series. Perangkat Nokia X Android sedianya akan resmi dijual pada bulan April 2014. Kehadiran Nokia Androi tersebut tentu saja akan semakin memeriahkan pasar Android yang selama ini didominasi oleh vendor Asia. Nokia X juga diramalkan akan sukses besar, apalagi ekspektasi orang orang sangat besar terhadap perangkat Nokia yang berbasis Android. Seperti diketahui, Nokia memiliki hardware dengan kualitas tinggi. Jika dipadukan dengan keterbukaan OS Android maka tentu hasilnya akan istimewa.

Pada generasi pertama Nokia meluncurkan tiga seri sekaligus Nokia Android yang dikenal sebagai X Series. Adalah Nokia X, Nokia X+, dan Nokia XL. Menariknya lagi ketiga ponsel Android Nokia tersebut ditawarkan dengan harga yang relatif murah. Lantas apa perbedaan Nokia X, Nokia X+, dan Nokia XL ? setelah kita pelajari tentang spesifikasi Nokia X, ternyata perbedaan ketiganya tidak terlalu signifikan. Berikut ini ulasan singkat tim Android tentang ketiganya.

  • Desain dan layar
Dari segi desain, Nokia X, X+, dan XL tidak memiliki perbedaan ketiganya mengusung desain serupa dengan pilihan warna yang juga sama. hanya saja seri Nokia XL memiliki bentuk tubuh yang lebih bongsir karena berbekal layar berukuran 5 inchi. Sedangkan dua saudaranya Nokia X dan X+ menggunakan layar 4 inchi. Meski terdengar unggul, Nokia XL ternyata mengusung resolusi serupa dengan Nokia X dan X+, sehingga justru dari segi layar X dan X+ lebih tajam karena memiliki kerapan yang lebih tinggi yaitu 223 ppi, sedangkan Nokia XL kerapatan layarnya hanya 187 ppi. 

  • Hardware
Dari sepesifikasi hardware perbedaan Nokia X, X+ dan XL praktis hanya terletak pada RAM yang dibenamkan. Nokia X+ dan XL memiliki ukuran lebih lega dengan RAM sebesar 768 MB sedangkan Nokia X hanya dibekali RAM 512 MB. Selain itu sektor prosesor, GPU, serta memori internal ketiganya sama.

  • Fitur dan Konektivitas.
Untuk urusan konektivitas dan dukungan fitur, ketiga ponsel Nokia X series tidak memiliki perbedaan. Ketiganya mendukung dual SIM on GSM 3G serta beragam pilihan konektivitas seperti WiFi, Bluetooth dan micro USB. Dengan spesifikasi Nokia XL yang sedikit lebih tinggi seri tersebut memiliki ukuran baterai yang lebih besar yaitu 2000 mAh sedangkan Nokia X dan X+ hanya 1500 mAh.

  • Harga Nokia X, X+, dan XL
Dari segi harga ketiganya memiliki perbedaan namun tak terlalu mencolok. Nokia X dijual seharga Rp. 1,4 jutaan Nokia X+ 1,5 jutaan sedangkan Nokia XL Rp. 1,7 jutaan.

  • Dari Segi Kamera
Dari kamera juga ada nilai tambah buat nokia , nokia x dan x+ menggunakan 1/5'' sensor size sedangkan nokia xl menggunakan 1/4'' sensor size , jadi sensor nokia xl lebih besar. itu nilai plus dari nokia sensornya gede buat smartphone di kelas mereka . Semakin besar sensor semakin banyak cahaya yang ditangkap , kl motrer pas gelap2 jadi lebih bagus

oke itu saja, semoga menjari referensi bagi sobat untuk memilih ponsel besutan Nokia ini.